Dada

Dada atau dalam bahasa latin disebut thorax adalah bagian dari tubuh yang letaknya antara leher dan perut. Di dalamnya terdapat organ-organ dalam yang dilindungi oelh tulang rusuk, tulang belakang serta tulang belikat. Adapun organ- organ yang harus dilindungi, antara lain jantung, paru-paru dan limpa, serta berbagai otot.
Masalah yang biasanya terjadi yang berhubungan dengan dada anak biasanya tidak terlalu serius, namun cukup mengganggu aktivitasnya. Beragam masalah yang menyangkut dada si kecil, di antaranya:

Cedera
Cereda cukup sering dialami anak-anak, bisa didapat dari bermain atau berolah raga, sehingga mempengaruhi tulang rusuk atau otototot yang ada dan mengakibatkan rasa sakit pada si kecil di bagian dada. Namun jarang sekali mengakibatkan ganggaun yang buruk pada si kecil. Membawa beban yang terlalu berat atau terjatuh juga dapat mengakibatkan rasa sakit di dada yang terkena langsung. Terkadang cedera dapat mengakibatkan anak merasa sesak, dan ini membuat orangtua menjadi panik. Untuk mengetahui penyebab rasa sakit di bagian dada memang harus dilakukan pemeriksaan secara seksama oleh seorang ahli.

Masalah-masalah pernapasan
Asma, batuk yang terlalu berat, merupakan masalah-masalah yang dapat membuat dada si kecil terasa sakit. Infeksi pada paru-paru, seperti radang paru-paru atau bronkitis juga dapat mengakibatkan masalah di daerah dada. Biasanya infeksi pada paru-paru disertai gejala lain, seperti demam tinggi, rasa menggigil, batuk, bersin-bersin, muntah dan sebagainya.

Masalah yang berhubungan dengan jantung
Sangat kecil kemungkinan si kecil mendapat serangan jantung seperti yang terjadi pada orang dewasa. Kecuali masalah-masalah berat dengan tingkat kejadian yang sangat jarang, seperti penyakit jantung bawaan, perikarditis atau bagian dari jantung membengkak akibat infeksi, masalah pada otot jantung dan irama detak jantung. Biasanya masalah-masalah yang berhubungan dengan jantung diikuti gejala lain, seperti  sakit yang menjalar pada leher, bahu, tangan dan rahang.

Acid Reflux (Gastro Esofagea l Reflux)
Keadaan dimana asam di perut naik kembali ke esophagus atau saluran makanan dan mengakibatkan rasa panas di daerah dada dan membuat si kecil seperti merasa sakit di dada setelah makan. Masalah ini biasanya diikuti dengan gejala lain, yaitu sakit di tenggorokan, rasa asam di mulut, mual atau muntah.

Masalah-masalah lain
Berbagai masalah lain, namun biasanya ada hubungannya dengan masalah yang lebih berat dan sangat jarang terjadi, seperti adanya tumor atau masalah yang berhubungan dengan penyakit darah. Yang lain adalah adanya kecemasan yang berlebihan, seperti serangan panik, membuat anak merasa sakit di dada, yang umumnya disertai sakit di bagian kepala.

CATATAN : Jangan terlalu khawatir dengan berbagai kemungkinan yang terjadi pada sakit yang dirasakan si kecil. Jarang sekali rasa sakit atau tidak nyaman pada dada si kecil diakibatkan oleh berbagai penyakit berat. Yang sering terjadi, rasa sakit tersebut berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan atau paru-paru, seperti yang terdapat di bawah ini.

Comments  

 
#2 dian rosalinda 2012-08-16 08:11
Dok penyakit mantouk ‎​Ĩ†ΰ apa yaa dok?mohon penjelasan,trim a kasih
 
 
#1 dian rosalinda 2012-08-16 08:09
Dr mau tanya?penyakit mantouk ‎​Ĩ†ΰ apa yaa dok? Anak temen terkena mantouk n hrs minum obat slama 6bln tanpa jeda, umur 20bln...katanya akibat tidur dikasur tipis dilantai...bena r ga'dok?
 

You have no rights to post comments