Sehat Lezat Olahan Dr. Tiwi

Setelah sukses dengan buku pertamanya: “Anak Sehat: 100 Solusi Dr. Tiwi”, kini telah beredar buku kedua: “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi”.

“Promosi dan edukasi adalah hal yang selalu saya utamakan bagi orang tua. Dua hal ini menghindarkan anak sakit (prevensi) dan menjadikan mereka tumbuh dan berkembang optimal.” Demikian yang selalu diungkapkan dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS, yang akrab disapa dr. Tiwi. Itu sebabnya, selain melalui meja praktek, seminar dan Parenting Class, dr. Tiwi juga meluangkan waktu untuk menulis, menuangkan pokok-pokok pikirannya menjadi buku yang dapat mendampingi orang tua dalam membesarkan anak-anak mereka.

Soft launch di Denpasar

Denpasar, Bali, dipilih dr. Tiwi untuk melakukan soft launch buku “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi” pada tanggal 28 September 2013 yang lalu. Bertempat di Gramedia Mal Galeria Bali, acara soft launch dimulai pukul 19.00 WITA. Selain dihadiri para undangan seperti rekan sejawat dokter dan teman-teman dr. Tiwi, juga follower akun twitter @drtiwi, dan para pengunjung Gramedia.

Acara dipandu oleh penulis, aktivis teater dan budaya, Cok Sawitri. Diawali penampilan Gadis yang menyanyikan lagu “Ibu” karya Ayu Laksmi, Cok kemudian memanggil dr. Tiwi, dr. Hariyasa, SpOG, dan Lies Setyarini untuk berdiskusi soal buku “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi”. Banyak hal yang didiskusikan, mulai ide dan proses kreatif dr. Tiwi dalam menuliskan buku hingga review isi buku. Pada kesempatan ini juga diadakan tanya jawab dengan undangan yang hadir.

Acara soft launch diakhiri dengan pemberian buku dari dr. Tiwi kepada beberapa rekan dokter yang mendukung program kesehatan ibu dan anak, serta kepada Ayu Weda, kakak dr. Tiwi.

Persembahan untuk Ibu

Acara peluncuran buku “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi” diadakan di RSU Bunda Menteng, Jakarta, pada sore 10 Oktober 2013. Rangkaian acara ini diawali dengan Parenting Class pada pagi harinya, yang diikuti lebih dari 100 orang tua, khususnya para ibu. Acara peluncuran buku diawali dengan penampilan istimewa Duta Nusantara, Ayu Laksmi, yang membawakan lagu “Kidung Maria”. “Saya kira yang menyanyi itu dr. Tiwi, ternyata adiknya,” komentar Sogi Indra Duaja yang baru mengetahui bahwa Ayu Laksmi adalah adik kandung dr. Tiwi.

Agatha Brilliantie yang memandu acara ini kemudian memanggil 3 orang dokter: Prof. dr. Asril Aminullah, SpAK, dr. Ivan R. Sini, SpOG, dan dr. Diana Abbas Thalib-Nur Wahid, MARS. Kepada ketiga dokter ini selain ditanyakan komentar mereka tentang buku terbaru dr. Tiwi, juga bagaimana keseharian dr. Tiwi sejak jaman mahasiswa, saat memulai karier sebagai dokter spesialis anak hingga kini sebagai dokter yang padat jadwalnya.

Pada obrolan buku sesi kedua, dihadirkan 3 narasumber dari media, yaitu Putu Fajar Arcana (Harian Kompas), Catharina Davy (Metro TV) dan Ajeng Hendarmin (Radio Cosmopolitan FM). Ketiganya mengupas isi buku “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi”. Pada kesempatan ini, dr. Tiwi juga mengungkapkan proses kreatif buku ini, termasuk beberapa orang yang membantunya seperti Seno Gumira Ajidarma, Reza Gunawan, Dewi Handajani, I Gusti Dibal Ranuh dan Shilla Ranuh, yang banyak memberi masukan dan ‘menyempurnakan’ buku terbarunya.

Buku yang berisi tentang Makanan Pendamping ASI (MPASI) ini ditujukan bagi para ibu yang sering disebut ‘Malaikat’ oleh dr. Tiwi. Itu sebabnya, salah satu buku yang diserahkan Manager Penerbit Buku Kompas, Patricius Cahanar kepada dr. Tiwi sebagai tanda telah resmi diluncurkan, oleh dr. Tiwi kemudian diberikan kepada dr. Diana Abbas Thalib-Nur Wahid, MARS dan Bapak Hidayat Nur Wahid yang akan menyebarkan 1000 buku ini ke Posyandu di Jabodetabek yang mereka kelola.

Selain untuk para ibu, buku “Sehat Lezat Olah Saji Dr. Tiwi” juga dipersembahan dr. Tiwi untuk drg. I Gusti Ayu Sri Haryati, ibunda tercinta dan ‘Malaikat’ dr. Tiwi yang pada tanggal 17 Oktober ini berulang tahun ke-80. “Kelembutannya masih terasa dalam setiap langkah kami, anak-anaknya. Hidup seolah terberkati karena doanya yang tak pernah putus,” ujar dr. Tiwi. Para undangan pun makin terbawa haru dengan terdengarnya alunan lagu “Ibu” yang dinyanyikan secara ekspresif oleh Ayu Laksmi.