Bayi Baru Lahir

Selamat atas kelahiran si kecil. Bagaimanapun tampilan si kecil, apakah ia besar, kecil, tampak lemah, atau bahkan terlihat jelek sekalipun karena berwarna merah dan keriput, kelahirannya pasti akan membawa kebahagiaan tersendiri. Anda takut akan ‘menyakitinya’ saat menggendong atau memandikannya? Jangan khawatir! Ia memang tampak mungil dan lemah, namun ia cukup kuat, bahkan lebih kuat dari yang Anda perkirakan.

Pernapasan
Suara napasnya sangat lembut, sehingga sulit bagi Anda untuk mendengarkannya. Namun si kecil juga kerap mengeluarkan suara-suara aneh saat bernapas seperti suara lendir dalam saluran napasnya. Suara seperti lendir terjadi akibat saluran napas yang masih lunak, sehingga setiap menghirup napas menciptakan tekanan negatif yang membuat saluran napas yang lunak itu berbunyi sperti “grok”. Namun terdapat pula lendir yang normal di saluran napas bayi pada bulan pertama kelahirannya.
Demikian juga dengan suara seperti dengkuran. Sebetulnya juga ia tidak benar-benar mendengkur. Suara ini hanyalah suara vibrasi dari langitlangit lunak di bagian belakang mulutnya saat ia bernapas. Saat lain ia terdengar seperti mendengus. Jangan cemas! Hal ini disebabkan konstruksi hidungnya yang terlalu mungil sehingga masuknya udara menimbulkan bunyi-bunyian tertentu. Sejalan dengan pertumbuhannya, bunyi-bunyian ini akan lenyap dengan sendirinya. Dengan menjemur si kecil di bawah sinar matahari yang mengandung banyak vitamin D maka akan membantu menghilangkan suara lendir tersebut. Vitamin D juga berperan dalam mengoptimalkan fungsi pernapasan.

Kulit
Kulit si kecil biasanya akan tertutup selaput berwarna keputih-putihan dan berminyak yang dinamakan vernix. Vernix memang dibutuhkan bayi baru lahir untuk  melindunginya dari iritasi kulit. Jika terlihat kulit si kecil seperti bernoda kemerah-merahan, biarkan saja. Ini disebabkan pembuluh darah si kecil masih belum terlalu stabil. Lama kelamaan warna kulitnya akan menjadi normal.

Kepala
Tengkorak kepala bayi terbentuk dari empat lempeng besar yang belum berpadu sempurna. Namun keadaan inilah yang membantu si kecil saat dilahirkan secara alami, dimana kepalanya bisa menjadi lebih fleksibel saat melewati jalan lahir. Di ujung sebelah atas kepalanya terdapat daerah yang sangat lembut dan rentan, karena tulang tengkoraknya belum berpadu. Tempat ini disebut fontanelle (ubun ubun besar). Hati-hati, jangan sampai Anda menekannya terlalu keras.

Mata
Matanya mungkin saja belum bisa membuka saat dilahirkan , atau mata si kecil terlihat merah. Hal ini adalah sesuatu yang wajar. Tanpa penanganan khususpun semua akan kembali normal.

Rambut
Ada rambut halus yang terdapat pada keseluruhan kulit si kecil.

 

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang Bayi baru lahir :