Ruam Popok

Tanya :
Mengapa popok sekali pakai justru membuat selangkangan anak saya yang berusia 9 bulan berbintil-bintil merah. Anak saya jadi menolak dipakaikan popok tersebut, dan menjadi rewel jika dipaksa. Bagaimana mengatasinya?

Jawab :
Itu tandanya si kecil terkena ruam popok, atau ruam yang terjadi pada daerah kemaluan bayi atau daerah yang ditutup popok, akibat pemakaian popok. Ruam popok ini kerap terjadi pada bayi yang menggunakan popok, atau anak di bawah usia 2 tahun.

Gejala:

  • Terdapat tanda kemerahan di daerah yang dipakaikan popok, seperti lipat paha, perut bawah atau di daerah pantat.
  • Kulit menjadi merah, berbintil-bintil. Jika tidak segera diobati akan menimbulkan luka yang melepuh yang menimbulkan rasa perih pada bayi, sehingga mereka menjadi rewel.

Penyebab :

  • Alergi bahan pembuat popok.
  • Alergi terhadap popok kain yang dicuci dengan deterjen, atau diberi pemutih dan tidak dibilas secara sempurna.
  • Gesekan popok pada kulit.
  • Permukaan kulit yang terlalu lama terkena air seni dan kotoran. Dua hal tersebut jika tidak segera dibersihkan akan membentuk amonia dan meningkatkan keasaman kulit bayi. Iritasi (radang) pada kulit akan muncul dan tambah parah jika jamur dan bakteri ikut ambil bagian.
  • Gejala bisa diperparah dengan pemberian sabun atau bedak yang tidak cocok bagi kulit bayi.

Cara mengatasi:
l Bersihkan pantat bayi, secara berkala. Terutama dengan mengganti popok lebih sering. Jangan biarkan popok menyimpan kotoran terlalu lama, tanpa diganti.
l Bersihkan pantat bayi dengan mengalirkan air kearah pantatnya. Atau membersihkan dengan kapas basah perlahan-lahan.
l Keringkan pantat bayi dengan menepuk-nepuk permukaan kulit menggunakan kain lembut. Diamkan sebentar agar terkena angin, sehingga pantat akan kering dengan sendirinya.
l Sekali-sekali biarkan bayi tidak mengenakan popok, sehingga kulitnya di daerah ini tidak tertutup terlalu lama tanpa berkesempatan mendapatkan udara.
l Coba ganti popoknya dengan popok merek lain, atau popok dengan ukuran yang lebih besar. Siapa tahu popok sebelumnya terlalu ketat dan mengiritasi kulitnya.
l Gunakan krim atau salep khusus yang mengandung zinc untuk melindungi kulit bayi yang terserang ruam.

CATATAN : Segera konsultasikan ke dokter bila ruam tidak hilang dalam jangka waktu 3 hari. Apalagi kalau kondisinya bertambah buruk, seperti melepuh.