Dermatitis Seboroik (Cradle Cap)

Tanya :
Kepala bayi saya seperti berketombe, namun tampak lebih parah. Ada keropeng dan sepertinya membuat bayi saya merasa tidak nyaman. Apa yang dapat dilakukan?

Jawab :
Kondisi yang dialami si kecil disebut dengan dermatitis seboroik atau cradle cap, jika dermatitis seboroik yang timbul mengenai kulit kepala bayi. Merupakan peradangan kronis pada kulit kepala dan tubuh yang kerap mengenai bayi baru lahir. Tidak hanya kulit kepala, namun dermatitis seboroik juga mengenai daerah wajah, punggung, dan dada.

Gejala:
Dermatitis seboroik sebetulnya dapat muncul pada beberapa area tubuh. Terutama pada kulit-kulit yang berminyak atau berlemak. Termasuk kulit kepala, alis, kelopak mata, lipatan hidung, bibir, belakang telinga, tubuh, lengan dan kaki. Pada anak baru lahir hingga usia 3 tahun, umumnya terdapat di kulit kepala dan membentuk seperti keropeng seperti ketombe berwarna kuning atau kecokelat-cokelatan. Terkadang gatal namun bisa juga tidak. Jika gatal dan digaruk berlebihan, dapat mengakibatkan radang, infeksi atau perdarahan kulit. Penyakit ini juga dapat mengakibatkan rambut rontok.

Penyebab :
Belum diketahui pastinya. Namun yang pasti penyakit yang satu ini tidak menular, bukan disebabkan oleh kondisi kulit kurang bersih, tidak termasuk alergi dan tidak berbahaya. Ada ahli yang mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan perubahan hormon pada saat ibu hamil yang mempengaruhi kelenjar keringat. Namun keadaan ini dapat diperparah dengan perubahan cuaca yang ekstrim, sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala, kegemukan dan losyen yang mengandung alkohol.

Cara mengatasinya :
Sebetulnya dermatitis seboroik tidak memerlukan terapi khusus, karena biasanya akan menghilang sendiri. Namun jika gangguan ini tidak menghilang hingga anak berusia 3 tahun, maka sudah waktunya untuk menanyakannya pada seorang dokter anak atau dokter ahli penyakit kulit.

Khusus untuk bayi dengan cradle cap :

  • Pijat dengan lembut kulit kepala si kecil dengan jari-jari, atau menyisir rambutnya dengan sikat rambut lembut khusus untuk bayi baru lahir.
  • Bersihkan rambut si kecil dengan sampo anti alergi saat keropeng tampak di kulit kepalanya.
  • Pastikan untuk membilas bekas sampo sampai bersih.
  • Jika kulit keropeng tidak mudah lepas, usapkan minyak khusus bagi bayi (minyak zaitun atau baby oil), lalu tutup kulit kepala untuk beberapa saat sebelum mengeramasinya. Perhatikan reaksi kulit setelah diberi baby oil. Beberapa bayi sangat sensitif terhadap pemberian baby oil . Hindari pemberian baby oil selanjutnya bila kulit bayi sensitif.
  • Jika keadaan masih menetap atau bahkan bertambah parah, Anda dapat menghubungi dokter anak yang merawatnya.